Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati (kiri) melakukan penanaman pohon di lokasi Fasilitas Umum Kecamatan Sukmajaya, beberapa waktu lalu. foto by bima

depok.go.id-Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari dimaknai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati dengan mengimbau masyarakat mengenai pentingnya melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan aktif melakukan penanaman pohon.

“Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertumbuhan manusia. Pohon dapat mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dan mengeluarkan Oksigen ke udara untuk nafas manusia,” ujarnya, di Balai Kota, Jumat (10/01/20).

Dikatakannya, banyaknya permintaan penebangan pohon dari warga, membuat pihaknya mewajibkan masyarakat untuk mengganti pohon yang ditebang dengan menanam bibit kembali. Hal tersebut dimaksudkan agar penghijauan kota dapat tetap terjaga.

“Banyak permintaan untuk melakukan penebangan, khususnya saat musim hujan dan angin kencang, seperti saat ini. Namun, penebangan pohon masih kita pertimbangkan, jika masih bisa dipangkas, maka kami rampingkan saja,” ucapnya.

Ety juga mengingatkan masyarakat untuk menyayangi pohon dengan cara tidak memaku,. Sebab, bisa mengakibatkan pohon rapuh dan rawan tumbang.

“Pohon jangan dipaku untuk iklan atau informasi apapun, karena itu bisa menyakiti dan membuat pohon mudah rapuh,” tutupnya (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?