Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan, Denny Romulo (Foto: Istimewa)

Masih tingginya curah hujan belakangan ini mengakibatkan masih mengintainya bencana banjir hingga tanah longsor di Kota Depok. Untuk itu Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan selalu mengecek perkembangan Tinggi Muka Air (TMA).

Menurut Denny, sapaan akrabnya, pemantauan TMA ini khususnya bagi warga yang bermukim di dekat aliran sungai. Meskipun demikian masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas yang terdekat seperti kecamatan, kelurahan, ataupun Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat.

“Hati-hati juga akan adanya berita hoax yang sewaktu-waktu dan kapan saja bisa bermunculan melalui media, whatsapp, serta media sosial lainnya,” ujar Denny kepada berita.depok.go.id, di ruang kerjanya, Kamis (09/01/2020).

Dia menambahkan untuk masyarakat yang bertempat tinggal berada pada Daerah Aliran Sungai (DAS) agar tetap menjaga komunikasi secara langsung yang sesungguhnya dan tepat sasaran. Sehingga tidak terjadi kesalahan komunikasi yang bisa merugikan banyak pihak.

“Jika ada kejadian bencana bisa langsung melaporkan ke posko siaga darurat banjir dan longsor Pemkot Depok, atau langsung ke nomor kegawatdaruratan di 112 dari ponsel masing-masing.” tandasnya. (JD 06/ ED 02)

YOUR REACTION?