Camat Cilodong, Supomo (tiga dari kanan) mengecek langsung ke lokasi terdampak banjir di Perumahan Villa Bunga, Blok B-C, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Senin (6/1/2020). (Foto : Istimewa)

depok.go.id - Camat Cilodong, Supomo mengimbau warganya untuk rutin melakukan kerja bakti, khususnya di lokasi rawan bencana. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi menekan potensi terjadinya longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Cilodong.

 "Saya imbau warga untuk peduli dengan lingkungan sekitar, terutama penanganan soal sampah. Salah satunya digencarkan lagi kerja bakti setiap akhir pekan. Seperti membersihkan gorong-gorong," kata Supomo, saat meninjau lokasi banjir di wilayah Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Senin (06/01/2020).

 Dikatakannya, gerakan kerja bakti tidak hanya dilakukan oleh warga tetapi juga seluruh pihak terkait (stakeholder) di wilayah setempat. Dengan demikian, diharapkan dapat meringankan pekerjaan petugas kebersihan atau Pesapon yang ada di kecamatan tersebut.

 "Karena masalah kebersihan juga bagian dari tanggung jawab semua elemen, termasuk masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya inisiatif warga di tingkat RT dan RW untuk menangani masalah kebersihan," jelasnya.

 Menurut Supomo, kegiatan kerja bakti juga memiliki berbagai dampak positif. Terutama, dalam meningkatkan kenyamanan dan kebersihan lingkungan. Dia juga berpesan agar ke depan pihak pengembang lebih memperhatikan tata kelola lingkungan saat membangun perumahan.

 "Minimal ada tempat pembuangan sampah dan sumur resapan," tandasnya. (JD 05/ ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?