Satgas DPUPR Kota Depok melakukan perbaikan tanggul Situ Asih Pulo di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Senin (06/01/20). (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Sebagai bentuk antisipasi meluapnya Situ Asih Pulo di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan perbaikan tanggul. Perbaikan dilakukan dengan pemasangan bronjong di sejumlah sisi yang dianggap sudah mulai rusak.

"Kami sudah melihat potensi jebol tanggul karena kapasitas air yang membludak pasca hujan lebat beberapa hari terakhir ini. Untuk itu, antisipasi kami lakukan dengan pemasangan bronjong di sejumlah sisi yang dinilai mulai rusak," ujar Kordinator Lapangan (Korlap) Satuan Tugas (Satgas) DPUPR se-Kota Depok, Rahmat Syarifudin, Senin (06/01/20).

Diakuinya, pengerjaan dilakukan mulai hari ini dan akan terus berlanjut hingga satu minggu ke depan. Adapun Satgas yang diterjunkan sebanyak satu tim yang terdiri dari 10 orang.

"Satgas kami jumlahnya terbatas dan saat ini tengah fokus melakukan penanganan longsor yang sifatnya krusial. Tetapi kami berupaya untuk tidak mengesampingkan keselamatan warga di sekitar Situ Asih Pulo. Pekerjaan baru dilakukan hari ini sampai satu minggu ke depan, Insya Allah," ucapnya.

Adapun, kata Rahmat, pengerjaan dilakukan dengan anggaran pemeliharaan. Dirinya berharap, upaya ini mampu meminimalisir musibah tanggul jebol yang dikhawatirkan.

"Kami yakin, dengan pemasangan bronjong bisa menahan air yang berada di Situ Asih Pulo agar tidak meluap," tutupnya. (JD 08/ ED 01/EUD 02) 

YOUR REACTION?