Penyelenggaraan Pra-Akreditasi Perpustakaan di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok.

depok.go.id-Sebanyak 18 sekolah tingkat SD hingga SMA di Kota Depok akan mengikuti akreditasi perpustakaan. Penilaian tahunan ini dilakukan langsung oleh Tim Asessor Perpustakaan Nasional. 

"Akreditasi ini untuk mengetahui kualitas setiap satuan pendidikan, khususnya terkait perpustakaan sekolah yang memenuhi standar kriteria akreditasi," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah saat kegiatan Pra-Akreditasi, belum lama ini. 

Dikatakannya, penilaian akreditasi ini meliputi enam kriteria. Yaitu aspek koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana (sarpras) perpustakaan, pelayanan, dan tenaga perpustakaan. 

"Selanjutnya, pelayanan dan pengelolaan perpustakaan serta komponen penguat lainnya, seperti karya inovasi atau prestasi yang ditorehkan oleh perpustakaan sekolah tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, ucap Siti, pihaknya siap berbagi pengetahuan yang diperlukan peserta akreditasi dalam menghadapi proses verifikasi tersebut. Dirinya berharap, dengan kegiatan ini, kualitas pendidikan di Kota Depok juga turut meningkat. 

"Untuk pelaksanaan akreditasi diperkirakan bulan Februari atau Maret mendatang. Semoga dengan adanya akreditasi setiap lembaga pendidikan akan mengembangkan lembaga mereka untuk memenuhi standar minimal dari akreditasi. Nantinya berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan Kota Depok," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?