Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peserta Pelatihan Tata Boga Diajari Cara Pakai Pisau hingga Menata Makanan

JD 02 - berita depok
Jumat, 17 Maret 2023, 16:26 WIB
Instruktur Pelatihan Tata Boga, R. Taufik Hidayat saat memberikan materi plating makanan kepada peserta pelatihan tata boga. (Foto: JD 01/Diskominfo).

berita.depok.go.id- Selama mengikuti pelatihan tata boga yang diadakan oleh Dinas Tenaga (Disnaker) Kota Depok, para peserta mendapatkan sejumlah materi dari instruktur yang mahir di bidangnya. Materi yang diberikan meliputi cara memotong makanan, menggunakan pisau, mengenal bumbu, cara memasak, hingga menata dan mendekorasi makanan atau plating.

Salah satu instruktur pelatihan tata boga, R. Taufik Hidayat mengungkapkan, pihaknya memberikan praktik langsung kepada peserta untuk mengenal bumbu Indonesia. Kemudian juga mengajarkan penggunaan pisau.

"Kami berikan pemahaman kepada peserta untuk selanjutnya mereka lakukan praktek langsung. Alhamdulillah, antusiasnya sangat tinggi," tuturnya kepada berita.depok.go.id usai memberikan materi kepada peserta Pelatihan Tata Boga di Lembaga Pemberi Kerja (LPK) Bina Mutu Bangsa, Cimanggis, kemarin (16/03/23).

Dirinya juga menjelaskan, ada tiga fase dalam memasak. Di mulai dari melihat dan menimbang, melihat dengan mengukur, dan melihat dengan merasakan.

"Dengan menerapkan fase ini, para peserta akan lebih mudah memasak dan mentukan komposisi bumbu serta bahan masakannya," tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan tata boga, Ida Farida (40) merasa senang dengan materi yang disampaikan. Selain mendapatkan teori, dirinya dapat langsung praktik membuat makanan yang belum pernah dibuatnya.

"Kami juga diajarkan membuat makanan internasional, ini sangat berharga dan menjadi tambahan wawasan dalam bidang tata boga," pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD03)