Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Permudah Warga Sampaikan Usulan, Pemkot Luncurkan Platform Easy Plan

JD 05 - berita depok
Rabu, 15 Maret 2023, 17:49 WIB
Foto: tangkapan layar Easy Plan adalah sebuah platform digital untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi atau ide tentang pembangunan di Kota Depok.

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) meluncurkan platform online yang memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan ide pembangunan secara langsung tanpa ada perantara. Platform tersebut diberi nama Easy Plan.

Aplikasi Easy Plan diluncurkan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (15/03/23).

"Melalui platform ini diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi aktif warga dalam perencanaan program pembangunan di Kota Depok," ujar Mohammad Idris saat peluncuran aplikasi Easy Plan tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menjelaskan, semua masyarakat ber-KTP Depok sudah dapat mengakses e-musrenbang.depok.go.id untuk menyampaikan usulan pembangunan. Misalnya, perbaikan dan pelebaran jalan.

Dikatakannya, setelah membuka platform tersebut publik dapat melakukan login (masuk) ke halaman pendaftaran dengan memasukkan identitas lengkap dan kata sandi untuk pembuatan akun. Kemudian kembali login dengan menggunakan username/NIK dan password yang sudah didaftarkan.

"Lalu ke halaman usulan warga, dan silahkan untuk masukkan usulan atau ide-ide masyarakat dengan mengikuti tata cara penginputan," papar Dadang.

Dadang menuturkan, semua usulan yang disampaikan ke dalam Easy Plan juga dapat menjadi bahan kebijakan penyusunan perencanaan pembangunan.

"Platform ini transparan, semua usulan masuk. Perangkat daerah, kecamatan, kelurahan bisa akses dan lihat langsung kebutuhan masyarakatnya apa," tuturnya.

"Sehingga proses pembangunan ke depannya lebih terarah dan fokus pada kebutuhan masyarakat," pungkas Dadang. (JD 05/ED 02/EUD03)