Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Permintaan Darah Trombosit Sempat Alami Peningkatan di Awal Ramadan

JD 08 - berita depok
Kamis, 4 April 2024, 16:44 WIB
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi’raz melakukan donor darah di UDD PMI Depok, beberapa waktu lalu. (Foto:Dok.PMI)

berita.depok.go.id - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi’raz menyebut permintaan darah trombosit sempat mengalami peningkatan saat awal Ramadan atau di awal Maret 2024. 

Peningkatan darah trombosit tersebut terjadi seiring dengan lonjakan kasus Demam Berdarang Dengue (DBD) di Kota Depok.

“Ya, sempat meningkat di awal Ramadan. Sekarang sudah menurun Alhamdulillah. Persentase peningkatan mencapai 13 persen dari hari biasa,” ujarnya, kepada berita.depok.go.id, Kamis (04/04/24).

Dudi menyebut, saat ini stok darah trombosit juga masih belum stabil. Adapun, stok darah trombosit yaitu golongan darah A ada 1 kantong, golongan darah B 6 kantong, darah O 3 kantong dan golongan darah AB nihil atau tidak ada.

“Stok ini masih terbilang aman, karena kita produksi darah trombosit setiap hari. Mengingat waktu expired lebih pendek hanya lima hari. Untuk minggu ini sudah agak jarang permintaan,” ucapnya.

Adapun, lanjutnya, permintaan datang dari beberapa Rumah Sakit (RS) baik Depok dan luar Depok. Di antaranya, RS. ASA, RS. UI, RS. Sentra Medika Cisalak, RS. Sentra Medika Cibinong, RS. UMMI Bogor dan lain sebagainya.

“Kami dari PMI Kota Depok menyiapkan stok darah sebanyak-banyaknya untuk kebutuhan warga masyarakat. Stok yang ada atau stok darah yang tersedia, kami lakukan uji saring untuk menjadi darah trombosit sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

“Sampai detik ini kami bisa mengover semua kebutuhan warga masyarakat depok, bahkan di luar Depok pun kami sudah bisa melayani permintaan," tambahnya.

"Mudah-mudahan keberadaa kami bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” tutupnya. (JD 08/ED 02)