Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peringati Hari Kusta Sedunia, Puskesmas Cimanggis Berikan Penyuluhan dalam Gedung

JD 02 - berita depok
Selasa, 31 Januari 2023, 15:20 WIB
Petugas kesehatan saat memberikan penyuluhan tentang Penyakit Kusta di Puskesmas Cimanggis, Selasa (31/01/23). (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimanggis menggelar penyuluhan dalam gedung dengan tema Hari Kusta Sedunia yang jatuh setiap 29 Januari. Penyuluhan diikuti oleh pengunjung yang sedang menunggu pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

"Kami memberikan penyuluhan terkait penyakit kusta agar masyarakat dapat waspada terhadap penyakit ini," tutur Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herliana kepada berita.depok.go.id, Selasa (31/01/23).

Menurut Lina, kusta adalah penyakit infeksi menahun atau kronis yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Leprae. Penyakit tersebut menyerang kulit dan saraf tepi.

Lina menambahkan, untuk mencegahnya, dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Antara lain imunisasi Bacillus Calmette-Guérin (BCG) pada bayi yang mampu mengurangi kemungkinan terkena kusta. Kemudian, melakukan pemeriksaan ke Puskesmas jika terdapat bercak di kulit yang tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat, serta kurang rasa.

"Penyakit kusa ini berkembang sangat lambat, karena gejala bisa muncul setelah 20 tahun terinfeksi. Maka, diharapkan masyarakat dapat mengetahui gejalanya dan melakukan pencegahan kusta," pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD03)