Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Peringatan HLUN ke-28 Tingkat Kecamatan Sawangan, Wadah Lansia untuk Berkumpul dan Bersilaturahmi

JD 03 - berita depok
Rabu, 3 Juli 2024, 11:52 WIB
News
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (tengah/pakaian putih) saat menghadir HLUN tingkat kecamatan, Selasa (02/07/24). (Foto: diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Kecamatan Sawangan menggelar kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 di Taman Kelurahan Sawangan Baru, Selasa (02/07/24). 

Acara yang  bekerja sama oleh Kelompok Kerja (Pokja) Lansia Kecamatan Sawangan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para lansia untuk berkumpul, bersilaturahmi dan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. 

"Kami berharap para lansia di Kecamatan Sawangan semakin berdaya, semakin kompak dan semakin sehat. Kami juga berharap mereka tidak merasa terabaikan oleh anak-anaknya," ujar Camat Sawangan, Anwar Nasihin, kepada berita.depok.go.id, usai acara. 

Dirinya mengatakan kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para lansia untuk saling berinteraksi, mengikuti pengajian dan menerima bantuan sosial. 

"Ini adalah ide dari para lansia sendiri. Mereka ingin ada kegiatan yang bisa membuat mereka bahagia, seperti pengajian, bantuan sosial dan berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan kebutuhan mereka," tambahnya. 

Dalam acara tersebut, para lansia juga diajak untuk melakukan berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan dan kebahagiaan mereka. 

"Mereka bisa berkumpul, berbagi cerita, dan saling mendukung. Ini penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mereka," jelas Anwar.  

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Depok, Sumadi, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pokja Lansia Kecamatan Sawangan ini. 

"Saya sebagai Ketua LLI Kota Depok menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap Pokja Lansia Kecamatan Sawangan. Memang khusus tahun ini, mereka benar-benar luar biasa. Semua program dijalankan dengan baik dan mereka berhasil bekerjasama dengan berbagai pihak," ujar Sumadi.

Selain itu, Sumadi juga menyoroti program Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) yang sedang berjalan, khususnya mengenai pemetaan dan pendataan lansia di Depok. 

"Yang penting ini, ada program Komda Lansia mengenai pemetaan dan pendataan lansia di Depok. Itu sudah diprogramkan dan saat ini sedang berjalan di Sawangan," jelasnya. 

Sumadi berharap kegiatan dan program-program yang dijalankan oleh Pokja Lansia Kecamatan Sawangan dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi para lansia. 

"Kami berharap program-program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi para lansia di Sawangan," tutupnya.

Disatu sisi, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di bawah kepemimpinan pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung program Kesejahteraan Lansia. 

Ditegaskan Wali Kota Depok, Mohammad Idris, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok demi menciptakan lingkungan yang mendukung kebutuhan para lansia, tentunya demi mewujudkan Depok sebagai kota ramah lansia. (JD03/ED 01).