Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Perdana, Lomba Marching Band di Depok Akan Digelar

JD 03 - berita depok
Sabtu, 4 November 2023, 9:33 WIB
Lists
Technical Meeting Kompetisi Marching Band Marching in Nature - Competition for Marching Art People di CGE Aveneu, Kecamatan Cimanggis, Jumat (03/11/23). (Foto: Diskominfo Depok)

berita.depok.go.id - Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Depok bersama Amanat Event Organizer serta tempat wisata CGE Avenue akan menggelar Kompetisi Marching Band Marching in Nature - Competition for Marching Art People pada 20 Desember 2023 mendatang. Kompetisi tersebut akan memperebutkan Piala Ketua Umum PDBI Jawa Barat. 

Penyelenggara kompetisi, Nancy Sambow mengatakan, Kompetisi ini didukung penuh oleh Pengurus Provinsi PDBI Jawa Barat (Jabar) dan PDBI Depok yang merupakan cabang olahraga (Cabor) yang ada dibawah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar. Dimana KONI Jabar juga merupakan pengawas kegiatan dan didukung oleh AMBC Indonesia (Asian Marching Band Confederation) dengan memakai sistem penilaian Concert Marching Art.

“Kami membuka beberapa kategori antara lain Junior TK Full Band (Esemble Percusioa), Junior SD Full Band (melodika), Senior SMP dan SMA Full Band (Melodica) dan (Brass). Untuk pendaftaran bisa menghubungi narahubung 081919758999,” katanya kepada berita.depok.go.id usai menggelar Technical Meeting di CGE Aveneu, Kecamatan Cimanggis, Jumat (03/11/23). 

Dikatakannya, kompetisi ini merupakan yang pertama digelar di Kota Depok. Kompetisi ini juga memiliki banyak nilai positif bagi para peserta, khususnya pembibitan atlet drum band di Kota Depok. 

“Kegiatan yang mempunyai banyak nilai pendidikan dan pengembangan karakter anak ini sempat padam pada saat pandemi Covid-19. Setelah pandemi selesai semua unit marching band di Indonesia kembali merintis untuk mendidik dan merekrut anggota baru,” ungkapnya. 

“Hal itu tidaklah mudah karna para pelatih harus memulai kembali mendidik generasi baru dari awal. Harapan dari para pembina dan pelatih marching band yaitu mempunyai program agar hasil latihan para anggota mendapat apresiasi dan prestasi,” tambahnya. 

Lebih lanjut, dirinya menargetkan akan ada 30 unit marching band dari unit band sekolah berdomisili di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten yang akan menjadi peserta dalam kompetisi ini. Pihaknya berharap kompetisi ini, dapat memunculkan banyak bibit atlet usia dini. 

“Konsep lomba marching band di alam terbuka ini harapannya juga bekerjasama dengan pengelola rekreasi wisata di seluruh Indonesia yang mempunyai lahan yang sesuai standard kompetisi lomba Marching Band Kejuaraan Terbuka,” tutupnya. (JD 03/ ED 01).