Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pentahelix dan Pokjanal Posyandu Teken Perjanjian Kerja Sama, Sekda: Tandai Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

JD 02 - berita depok
Senin, 26 September 2022, 19:57 WIB

berita.depok.go.id-Unsur Pentahelix yang terdiri dari akademisi, dunia usaha atau bisnis, komunitas masyarakat, unsur pemerintahan, dan media di Kota Depok melakukan komitmen untuk menjalin sinergitas dengan Kelompok Kerja Opersional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu yang (Pokjanal Posyandu). 


Komitmen bersama tersebut dilakukan sebagai upaya dalam memperkuat fungsi Posyandu agar lebih optimal sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak. 


Komitmen dilakukan dengan penandatanganan bersama seluruh unsur pentahelix di Kota Depok.


“Penandatanganan komitmen ini dilakukan agar dapat mewujudkan Posyandu Depok Keren. Dan untuk menandai peningkatan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak,” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri kepada berita.depok.go.id usai membuka acara Sinergi Pokjanal Posyandu Kota Depok dengan Pentahelix di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Senin (26/09/22).


Supian Suri menuturkan, kolaborasi dengan Pentahelix dilakukan melalui berbagai kegiatan. Meliputi, peningkatan kompetensi kader, pendampingan pelayanan, penguatan media informasi, digitalisasi data dan informasi. 


Ada juga melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pemberian sarana dan prasarana Posyandu, penguatan inovasi dan kegiatan lainnya.


"Diharapkan sinergitas ini dapat terus terjalin untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya yang ditandai dengan menurunnya angka kematian ibu, angka kematian bayi, dan zero new stunting," jelas Supian Suri.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati menuturkan, peran Pentahelix diperlukan untuk memperkuat fungsi Posyandu di Kota Depok. Yang di dalamnya mencangkup lima fungsi pelayanan ibu dan anak, yaitu pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB, dan pelayanan kesehatan dasar. 


"Semoga dengan komitmen bersama ini, sinergitas dapat terus terjalin untuk peningkatan pelayanan Posyandu dan pembangunan kesehatan di Kota Depok," pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)