Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Dukung Pelestarian Belimbing Dewa

JD 05 - berita depok
Selasa, 10 Maret 2020, 14:14 WIB

Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri Festival Belimbing Depok, di Halaman Balai Kota Depok, Selasa (10/03/2020). (Foto: JD 01/Diskominfo)

berita.depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk mendukung pelestarian produk lokal yang memiliki potensi ekonomi. Salah satunya adalah tanaman belimbing dewa.

“Melalui ajang festival belimbing ini, kita ingin membuktikan kepada masyarakat supaya lebih menyadari, memahami, dan mengakui bahwa produk petani Depok adalah produk berkualitas,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat membuka kegiatan Festival Belimbing, di Balai Kota Depok, Selasa (10/03/20).

Menurutnya, belimbing dewa sudah menjadi produk unggulan Kota Depok sejak dahulu. Untuk itu, demi menjaga  eksistensi buah lokal ini, pihaknya rutin mengadakan pasar tani guna membantu para petani belimbing menjajakan hasil produksinya.

“Festival belimbing dan pasar tani merupakan cara agar para pembudidaya belimbing di Depok tetap memiliki semangat dan harapan, agar manfaatnya bisa diketahui secara luas  oleh masyarakat,” jelasnya.

 Mohammad Idris menyebut, saat ini terdapat sebanyak 20 Kelompok Tani (Poktan) belimbing dewa di Kota Depok. Jumlah tersebut tersebar di Kecamatan Pancoran Mas, Sawangan, Limo, Cimanggis, dan Tapos.

“Saya berharap dapat memajukan pertanian di Kota Depok khususnya komoditas belimbing sehingga belimbing tidak hanya menjadi produk yang dapat mengharumkan nama Depok, tapi juga bisa meningkatkan ekonomi petaninya,” tandas Idris. (JD 05/ED 01/EUD 02)