Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Depok Akan Kembangkan Pertanian Perkotaan di Lokus P2WKSS

JD09 - berita depok
Selasa, 16 Mei 2023, 16:51 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono memberikan sambutan pada peninjauan lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2024 di RW 10 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos. (Foto : JD04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengembangkan pertanian perkotaan di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2024 di RW 10 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos. Pasalnya, lokasi ini memiliki produk pertanian yang potensial.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, lokus P2WKSS di Cilangkap memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Mulai dari ekonomi, wisata hingga budaya.

"Potensi yang ada di sini mulai dari ekonomi, wisata, budaya dapat digali dengan baik, serta sarana dan prasarana yang belum ada dapat dibantu dalam program P2WKSS," ucap Bang Imam kepada berita.depok.go.id, usai meninjau lokus P2WKSS, Selasa (16/05/23).

Dikatakan Bang Imam, salah satu yang difokuskan ialah mengembangkan lahan-lahan pertanian perkotaan. Sebab, di lokus ini banyak potensi yang mendukung suksesnya rencana tersebut.

"Di sini sudah ada potensi lele, belimbing, alpukat dan anggur," bebernya.

Karena itu, menurut Bang Imam, lokus ini sangat cocok untuk mengembangkan pertanian. Nantinya akan didorong menjadi tempat wisata pertanian perkotaan atau agrowisata.

"Di sini juga wilayahnya masih adem dibanding dengan pusat kota. Masih banyak pohon," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk menyukseskan rencana tersebut, pihaknya akan menyusun penganggaran yang diperlukan. Sehingga kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang bisa segera direalisasikan.

"Dari potensi-potensi yang ada, kami akan menyiapkan anggaran yang diperlukan, sesuai dengan kemampuan anggaran daerah agar bisa direalisasikan tahun 2024," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Cilangkap, Teguh Santoso menambahkan, di lokasi tersebut terdapat pohon belimbing yang usianya sudah puluhan tahun dan terus berbuah. Lalu, ada juga pohon alpukat yang segera berbuah. 

"Kami juga akan coba pertanian anggur rambatan di sepanjang jalan dekat Sekretariat RW 10. Semoga nanti dapat menjadi agrowisata di tahun depan," tutup Teguh. (JD 09/ED 01/EUD 04)