Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Pemkot Depok Akan Datangkan Mesin Pengolah Sampah

JD09 - berita depok
Senin, 5 Juni 2023, 16:52 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri. (Foto : JD04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mendatangkan mesin pengolah sampah skala lokal guna mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Mesin tersebut ditempatkan di beberapa titik di Kota Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, sebelum kejadian longsornya TPA Cipayung, Wali Kota Depok, Mohammad Idris sudah menginstruksikan untuk membuat pengolahan sampah di beberapa titik. Hal ini dilakukan mengingat belum jelasnya kerja sama antara Pemkot Depok dengan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, Bogor.

"Pak Wali sudah instruksikan untuk membuat beberapa titik pengelolaan sampah dengan metode mesin," tutur Supian usai Apel Pagi di Balai Kota Depok, Senin (05/06/23).

Supian berharap, dengan mesin pengolah sampah skala lokal dapat mengurangi sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Uji coba akan dilakukan pada tahun 2024.

"Kita mau uji coba, 2024 mulai belanja pengelolaan sampah. Kita harapkan bisa mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA Cipayung," jelas dia.

Lanjutnya, Pemkot Depok juga sudah mendapatkan alokasi program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait mesin pengolah sampah. Mereka meminta Pemkot Depok menyediakan lahannya.

"Kita proses dan sekarang sudah tahap final. InsyaAllah tahun ini bisa beroperasi di TPA Cipayung guna mengurangi sampah," ungkapnya.

"Selain itu, pengolahan bank sampah juga terus masifkan," tutupnya. (JD 09/ED 01/EUD 04)