Diskominfo Kota Depok saat akan mengikuti city tour menggunakan bus OREN. (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok memberikan fasilitas kepada masyarakat maupun wisatawan melakukan city tour tanpa biaya alias gratis menggunakan bus OREN atau kepanjangan dari Odong-odong Keren. Selama melakukan city tour, masyarakat tak hanya diajak berkeliling kota, sebab Disporyata juga memberikan edukasi terkait sejumlah tempat wisata yang ada di Kota Depok. 

“Jadi kami juga berikan edukasi agar masyarakat tahu berbagai sektor wisata di Kota Depok,” tutur Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Dan Industri Usaha Pariwisata Serta Ekonomi Kreatif Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli kepada berita.depok.go.id saat mendampingi city tour menggunakan bus OREN, Selasa (18/01/22). 

Menurut Christine, sektor wisata terdiri dari tiga kategori yaitu wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya. Untuk di Kota Depok sudah memiliki ketiga sektor wisata tersebut. 

Adapun untuk wisata alam, Depok memiliki Ciliwung dan puluhan situ yang sudah dimanfaatkan untuk wisata. Kemudian, ujar dia, untuk wisata buatan berupa mal, bioskop, maupun kolam renang. 

“Sedangkan untuk wisata budaya, Depok sudah punya kawasan heritage di Jalan Pemuda, Gong Si Bolong, Tarian Topeng Cisalak, serta kuliner maupun fashion,” jelasnya. 

Dalam hal ini, Christine menuturkan, sebuah tempat bisa dijadikan destinasi wisata jika memiliki konsep 3A. Yaitu atraksi, aksesbilitas, serta amenitas. 

Untuk atraksi ada sesuatu yang disajikan saat masyarakat berkunjung, aksesibilitas yaitu jalan yang terjangkau dan bisa dilalui transportasi. Serta amenitas dengan sarana dan prasarana pendukung seperti toilet, kantin, dan alat pendukung. 

“Seluruh tempat yang dinyatakan destinasi wisata di Kota Depok sudah memenuhi standar 3A,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?