Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono (kiri) dan  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Depok, Bagus Maulana Akbar (Kanan). (Istimewa)

berita.depok.go.id-Upaya mendukung pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Dinas Komunikasi dan Informtika (Diskominfo) Kota Depok memiliki program wifi gratis untuk masyarakat. Hingga kini, fasilitas tersebut sudah dipasang di 680 titik dari total 1.200 titik yang targetkan.

“Diusahakan semua titik ini sudah dapat digunakan pada bulan November nanti. Kami juga sedang mengejar agar titik yang belum terpasang bisa segera  diselesaikan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Kota Depok, Bagus Maulana Akbar kepada berita.depok.go.id, Kamis (05/11/20).

Bagus menuturkan, sebelumnya ada 1.500 titik yang menjadi sasaran ketika diinventarisasi melalui google form pada Oktober lalu.  Namun, imbuhnya, setelah dilakukan penyortiran dan cleansing, hanya terdapat 1.200 titik yang valid.

Dia melanjutkan, kemudian pihak penyedia telekomunikasi melakukan pemetaan dan survei terhadap titik yang diajukan. Apabila dirasa kurang mumpuni untuk dilakukan pemasangan jaringan, diminta agar mencari lokasi alternatif.

“Jika memang pihak RW setempat tidak memiliki lokasi alternatif, maka akan diupayakan untuk pengadaan utilitas pendukungnya,” tuturnya.

Bagus menambahkan, pihaknya menghadapi sejumlah kendala dalam pemasangan wifi gratis. Mulai dari infrastruktur layanan yang belum tersedia di wilayah tersebut hingga masih banyaknya masyarakat yang khawatir fasilitas ini berbayar.

“Kegiatan ini ditanggung pemerintah dalam mendukung program PJJ dan diprioritaskan bagi warga kurang mampu yang membutuhkan pendidikan. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir,” pungkasnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?