Foto bersama peserta Gelar Wicara Taman Baca Se-Nusantara. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kincir Ulin menggelar menggelar Wicara Bersama Taman Bacaan se-Nusantara dengan tajuk Parade Kincir Ulin pada awal bulan ini. Kegiatan tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan, salah satunya pertemuan rutin para Pengurus TBM.

Ketua Pelaksana Parade Kincir Ulin, Srihani Hadiningrum Alsyanie menuturkan, respons sebagian besar peserta cukup baik. Yakni ingin melanjutkan kegiatan serupa, semacam pertemuan bagi para pengurus TBM.

"Dalam pertemuan tersebut, Perwakilan dari TBM akan menjadi narasumber yang berbagi ilmu. Seperti membuat katalog buku secara digital, tata kelola TBM, membahas program2 TBM, bagaimana membuat pengunjung TBM tidak hanya D2BP alias Datang Duduk Baca Pulang dan sebagainya," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (24/04/21).

Ia menjelaskan, narasumber juga bisa didatangkan dari para ahli, baik perorangan. Ataupun dari forum-forum taman baca jika memungkinkan. Selain itu, sambungnya, ada juga yang menyarankan untuk diadakan sebulan sekali. 

"Tapi untuk saat ini belum bisa, akhirnya kami sepakati untuk mengadakan setiap caturwulan atau empat bulan sekali," jelasnya.

Lanjut dia, tidak hanya itu, hasil diskusi lainnya yaitu rencananya gerakan ini akan disebut gerakan atau giat aksiliterasiku. Jadi, ini bukan lagi komunitas atau organisasi. 

"Dengan begitu, siapapun yang peduli akan pengembangan literasi di tanah air juga bisa turut serta," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?