Foto: JD 04/Diskominfo

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) di masa pandemi Covid-19 bisa menjadi momentum untuk membangun kedekatan orang tua dan anak. Terutama ibu yang sedang dalam masa menyusui.

"Dengan banyak di rumah justru waktu yang tepat bagi orang tua menjalin kedekatan dengan anak, terutama ibu yang sedang menyusui," tutur Novarita saat Live Instagram bersama AIMI, kemarin (06/08/20).

Dijelaskannya, produksi ASI selama beraktivitas di rumah, lebih banyak dibanding ketika sedang menjalani kegiatan berat di luar rumah. Dengan begitu, hak anak untuk mendapatkan ASI esklusif menjadi semakin meningkat.

“Ada banyak manfaat yang diperoleh dengan ASI ekslusif. Di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh anak, menyediakan nutrisi lengkap, mencegah diare dan malnutrisi, membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas, serta memperkuat ikatan ibu dan anak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Novarita menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mendorong para ibu agar memberikan ASI eksklusif selama enam. Salah satunya dengan menyediakan ruang laktasi di kantor-kantor pemerintahan.

"Seperti Gedung Balai Kota, kantor kecamatan, hingga kantor kelurahan.Tempat-tempat ini dapat dimanfaatkan oleh pegawai yang sedang menjalani masa menyusui, sehingga ASI-nya tetap bisa dimanfaatkan oleh sang bayi," terangnya.

Selain itu, sambungnya, pihaknya juga mengimbau pengelola pusat perbelanjaan dan perusahaan swasta  untuk menyediakan ruang laktasi. "Kami sangat berharap dukungan dari berbagai unsur dalam memenuhi hak anak dari lahir. Termasuk hak mendapatkan ASI eksklusif," pungkas Novarita. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?