Proses pemeriksaan kanker leher rahim(serviks) dan payudara . (Foto: JD02/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Sebanyak 37 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menjalani pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dan payudara di lantai 10 Gedung Dibaleka II. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kelainan yang terjadi di leher rahim dan payudara.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, sasaran pemeriksaan tersebut yaitu ASN Kota Depok. Adapun pemeriksaan yang dilakukan dengan metode pemeriksaan IVA dan SADANIS.

“Peserta yang mengikuti tes ini sebelumnya sudah melakukan pendaftaran,” tuturnya

 kepada berita.depok.go.id, Kamis (11/11/21).

Menurut Umi, sebelum melakukan pemeriksaan dilakukan skrining. Yaitu dengan memeriksa tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan penyakit tidak menular lainnya.

Selanjutnya, tambah Umi, dilakukan sesi wawancara untuk mengetahui riwayat keturunan, hubungan intim, serta gangguan infekai menular yang pernah dialami.

“Setelah skrining, dapat dilakukan pemeriksaan IVA dan SADANIS untuk selanjutnya diketahui hasilnya,”tambahnya.

Dalam hal ini, untuk hasil pemeriksaan jika ditemukan gangguan pada leher rahim akan diberikan rujukan ke fasilitas kesehatan (faskes). Dengan begitu, dapat segera ditangani oleh medis. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?