Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Memasuki musim hujan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tapos mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit deman berdarah dengue (DBD). Sisa genangan air hujan dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk yang bisa menularkan penyakit.

Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan menuturkan, banyak penyakit yang penularannya melalui genangan air di saat sekarang ini. Oleh sebab itu, genangan air perlu diwaspadai baik di cekungan tanah, kaleng-kaleng bekas dan tempat pembuangan sampah yang terdapat di lingkungan rumah.

"Pada genangan air itu biasanya muncul nyamuk-nyamuk dan yang kita khawatirkan nyamuk DBD yang biasanya menyerang tanpa kita sadari. Tiba-tiba kasusnya melonjak," tutur Trisna kepada berita.depok.go.id di kantornya, Kamis (28/10/21).

Untuk itu, ia mengatakan, perlunya langkah antisipasi melalui gerakan-gerakan untuk menciptakan lingkungan sehat dan bersih. Di antaranya, masyarakat dapat bekerja bakti membersihkan lingkungan dan memperbaiki saluran air.

"Kami juga akan melakukan langkah-langkah atau menindaklanjuti laporan baik dari warga ataupun rumah sakit. Dengan menyisir sekitar 20 rumah dari lokasi kasus (DBD atau penyakit musim penghujan lainnya), untuk mengetahui, kondisi sekitar lingkungan tersebut," terangnya.

Dikatakannya, jika ditemukan banyak jentik nyamuk atau lima rumah lebih positif terdapat jentik nyamuk. Maka akan dilakukan tindak lanjut, seperti kerja bakti, penyebaran bubuk abate hingga pengasapan atau foging.

"Semoga dengan imbauan ini masyarakat semakin mewaspadai genangan air di sekitar rumah," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?