Panitia kurban RW 01 , Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya menggunakan pembungkus daging kurban berbahan dasar daun jati dan besek bambu sebagai langkah pengurangan sampah plastik, di halaman rumah warga RT 04 RW 01 Kampung Rawageni Kelurahan Ratujaya, Jumat (31/07/20).  (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Upaya mengurangi sampah plastik saat perayaan Iduladha turut dilakukan warga RW 01 Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. Yaitu dengan menggunakan besek bambu dan daun jati sebagai pembungkus daging kurban.

"Panitia sudah sepakat untuk tidak menggunakan kantong plastik. Jadi, sebagai gantinya, sejak beberapa hari yang lalu, kami sudah mengumpulkan besek dan memetik daun jati," ujar Ketua RW 01 Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Jaelani, di sela kegiatan pembungkusan daging kurban di salah satu halaman warga RT 04 RW 01, Jumat (31/07/20).

Dikatakannya, pihaknya menyediakan sebanyak 400 besek bambu serta 1500 lembar daun jati untuk membungkus daging kurban, sebelum dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

"Pengurangan sampah ini juga merupakan instruksi dari Surat Edaran Wali Kota yang dikeluarkan beberapa waktu lalu," tambahnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati, mengapresiasi keseriusan warga RW 1 dalam membantu pemerintah mengurangi sampah plastik. Pihaknya juga berharap, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga, khususnya di Kecamatan Cipayung.

"Mudah-mudahan ke depannya bukan hanya digunakan saat Iduladha (kurban) tapi juga dalam setiap kesempatan. Karena langkah ini juga dapat mendorong peningkatan pelestarian dan budidaya tanaman keras, seperti pohon jati dan pohon waru," tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?