Sejumlah warga Ratujaya saat membuat Taman Ban di Jalan Perum Rawa Biru atau Dipo RT 02 RW 09, baru-baru ini. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id-Sejumlah warga Kelurahan Ratujaya tak habis akal untuk mempercantik wilayahnya. Salah satunya dilakukan dengan mengubah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar menjadi taman yang indah.

“Kami menggunakan Fasilitas Umum (Fasum) yang sebelumnya menjadi TPS liar dan Alhamdulillah kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat sekitar,” ujar Ketua Ecovillage Kelurahan Ratujaya, Sanusi, Senin (13/07/20).

Dikatakannya, pembuatan taman dikerjakan secara swadaya dengan menggunakan barang-barang bekas. Pembuatannya juga mendapat bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

“Sampah yang sebelumnya bertebaran di lokasi ini, diangkut oleh DLHK. Selain itu, mereka juga memberikan tanaman,” terangnya.

Ketua RW 07 ini juga menyebut, taman yang berlokasi di Jalan Perum Rawa Biru atau Dipo RT 02 RW 09 Kelurahan Ratujaya ini, diberi nama Taman Ban. Mengingat, sebagian barang bekas yang digunakan adalah ban yang sudah tidak terpakai.

“Taman ini juga bisa menjadi ruang edukasi anak karena terdapat beberapa permainan untuk mengasah keterampilan. Mudah-mudahan secepat mungkin bisa difungsikan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?