Masyarakat Komplek Marinir, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas membuat Gerbang Disinfektan Otomatis (GDO) di pintu masuk komplek. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Berbagai upaya terus dilakukan seluruh pihak dalam mencegah penyebaran Coronavirua atau Covid-19. Tidak hanya pemerintah, warga RW 06 Komplek Marinir, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), turut berkontribusi dengan membuat Gerbang Disinfektan Otomatis (GDO).

Wakil Ketua RW 06, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Panmas, Iswantoro mengatakan, pembuatan GDO ini merupakan inisiatif masyarakat Komplek Marinir demi mencegah virus Covid-19 masuk ke dalam komplek mereka. GDO yang dibuat dengan tenda setengah lingkaran tersebut beroperasi ketika pengendara melewati gerbang tersebut.

“GDO ini dibuat atas insiatif warga, karena untuk kebaikan bersama,” kata Iswantoro, Kamis (26/03/20).

Dia menjelaskan, GDO tepat berada di pintu masuk Komplek Marinir. Setiap kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas di area ini otomatis akan terkena semprotan disinfektan. Pasalnya, GDO menggunakan alat deteksi setiap kendaraan yang melintas.

“Setiap kendaraan yang lewat harus pelan-pelan agar tersemprot disinfektan. Maksimal mobil jenis minibus yang boleh melintas, karena tenda tidak memadai untuk mobil berukuran besar,” jelasnya.

Iswantoro menyebut, warganya berencana menambah dua titik GDO lagi di dalam Komplek Marinir. Langkah taktis ini untuk menekan penyebaran Covid-19 secara efektif.

Dalam pembuatan GDO dan pembelian cairan antibakteri tersebut, sambung Iswantoro, warganya berkomitmen untuk menyisihkan uang secara sukarela. Rencanaya GDO ini akan terpasang selama satu bulan ke depan.

“Selain swadaya masyarakat, kemarin dapat bantuan dua kilogram cairan disinfektan dari PMI dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok,” tandas Iswantoro.(JD 05/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?