Disrumkim Kota Depok melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengembangan Jaringan Perpipaan SPAM, di Aula Kecamatan Cipayung, Rabu (16/09/20)

berita.depok.go.id-Warga Kecamatan Cipayung menyambut baik pembangunan jaringan perpipaan yang dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok bekerjasama dengan PDAM Tirta Asasta Kota Depok. Pembangunan ini dinilai akan membawa manfaat yang besar bagi warga di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, dengan dibangunnya saluran perpipaan dari Disrumkim semoga bermanfaat bagi warga sekitar yang memang membutuhkan air bersih. Terlebih saat musim kemarau,” ujar Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Ratujaya, Pandu Rista Pratama, Senin (21/09/20).

Dirinya juga meminta masyarakat untuk bisa menjaga serta memelihara aset yang sudah terbangun. Terlebih saat ini juga sudah terbetuk Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

“Mudah-mudahan ke depan, penerima manfaat di tahun berikutnya juga bisa menyasar warga lainnya. Tidak hanya di RT 03/RW 006 tapi juga bisa warga RT 04/RW 06 dan warga RW 011,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Ketua RW 01 Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya Jaelani mengatakan, jaringan perpipaan ini sudah tepat sasaran dan untuk warga yang sangat membutuhkan. Menurutnya, ada beberapa wilayah yang kadar airnya sudah tidak bagus.

“Memang mayoritas warga RW 01 menggunakan sumur bor yang kualitasnya ada yang baik, ada yang kurang baik. Nah, dengan dibangunannya jaringan perpipaan ini, bisa membantu kami dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena pastinya air yang nanti mengalir sudah diuji kualitasnya oleh PDAM,” tuturnya.

Dirinya juga mengapresiasi atas perhatian yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam pembangunan jaringan perpipaan ini. Dia berharap fasilitas tersebut dapat dibangun di wilayah lainnya yang kesulitan memperoleh air bersih.

“Ini fasilitas yang sangat penting dan kami mengucapkan syukur karena bisa dibangun di wilayah kami. Semoga kawasan lainnya juga bisa terjangkau untuk pembangunan jaringan ini,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?