Lurah Cilangkap, Teguh Santoso. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Lurah Cilangkap, Teguh Santoso bertekad wilayahnya tidak akan mengirim sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Pihak kelurahan mengajak masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah sehingga dapat selesai di tingkat RW. 

Teguh menyebutkan, ke depan pihaknya akan melakukan sejumlah terobosan terkait pengelolaan sampah di wilayah Cilangkap. Pengelolaan sampah dimaksimalkan dengan berbasis masyarakat.

"Yang pertama kita akan galakkan kembali bank sampah," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (08/11/21).

Selanjutnya, akan dilakukan pendataan RT-RW yang mempunyai fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum). Pihaknya lalu akan meminta teknologi tepat guna dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok terkait teknologi mesin cacah dan lain sebagainya.

"Mungkin jika ada anggaran yang lebih besar lagi, bisa digunakan untuk hanggar dan segala macam, sehingga pengelolaan sampah bisa selesai di masing-masing RW, tidak membuang ke TPA Cipayung," ucapnya.

Kemudian, gerakan memilah dan memilih antara yang organik dan non organik juga harus dibudayakan lagi. Dengan begitu residu atau sampah yang dibuang ke Cipayung bisa berkurang.

"Semoga ke depan DLHK dan kami dapat berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan sampah dari sumbernya," tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?