Foto: JD 05/Diskominfo

Lurah Baktijaya, Raden Iwan Heru Kesuma.

berita.depok.go.id – Lurah Baktijaya, Raden Iwan Heru Kusuma mengingatkan warganya agar mewaspadai potensi bencana alam yang sering terjadi saat musim penghujan. Terutama banjir dan langsor.

“Kami telah mengirim surat edaran kepada seluruh Rukun Warga (RW), yang isinya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan beberapa langkah berikut,” ujarnya, Senin (11/09/20).

Dikatakannya, langkah pertama adalah melakukan inspeksi saluran air, pompa, tanggul dan pintu air. Kedua, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mengecek secara langsung area rawan bencana.

“Terakhir jika terjadi bencana tanah longsor, banjir, pohon tumbang segera hubungi call center posko penanganan banjir Kota Depok di Hotline 112, 082311835135, dan 08111232222. Atau melalui Whatsapp 082124340788," tuturnya kepada  berita.depok.go.id, Senin (09/11/20).

Dirinya meminta ketua RW agar menindaklanjuti surat edaran tersebut kepada ketua lingkungan atau Rukun Tetangga (RT) setempat. Termasuk mengajak warga melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap pekan.

"Minimal di lingkungan pekarangan dan depan rumahnya masing-masing," katanya.

Iwan menyebut, sampai saat ini di wilayahnya tidak ada titik rawan longsor atau banjir. Namun, imbuhnya, masih ditemukan beberapa titik genangan air ketika terjadi hujan deras.

"Hal yang terpenting adalah warga menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tidak membuang sampah sembarangan. Mudah-mudahan di Kota Depok tidak terjadi bencana alam," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?