Wali Kota Depok menyaksikan petugas Labkesda memeriksa sampel swab PCR.  ( Foto: Istimewa) 

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau langsung keberadaan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok. Tinjauan tersebut dimaksudkan untuk memastikan pemeriksaan sampel dengan metode Real Time-Polymerase (RT-PCR) di laboratorium rujukan Covid-19 ini.

“Hari ini, saya mengecek langsung pemeriksaan Covid-19 dengan metode Real Time-Polymerase (RT-PCR). Para petugas kesehatan telah bekerja keras agar deteksi pasien Covid-19 semakin cepat,” katanya di Labkesda Kota Depok, Selasa (14/07/20).

Dikatakannya, hingga kini Labkesda Kota Depok sudah bisa melakukan pemeriksaan 100 sampel per hari. Sementara hasilnya bisa diketahui dalam waktu 24 jam.

“Ikhtiar ini merupakan bagian dari pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Depok,” tuturnya.

Mohammad Idris menambahkan, pemeriksaan dengan metode  RT-PCR, diprioritaskan bagi warga yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Diakuinya, dengan menyisir segmen tersebut, data realisasi atau posisi besaran OTG, ODP, dan PDP bisa lebih akurat.

"Selanjutnya, yang kita utamakan untuk melakukan pemeriksaan Swab adalah mereka yang hasil rapid tesnya reaktif," tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?