Wali Kota Depok Mohammad Idris didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Ety Suryahati meresmikan Taman Jatimulya yang terletak di Kelurahan Jatimulya, Cilodong, Sabtu (08/02/2020). (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id- Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta masyarakat untuk bisa memanfaatkan taman yang telah dibangun sesuai fungsinya. Antara lain fungsi ekologi, fungsi edukasi dan fungsi ekonomi.

“Keberadaan taman yang ada di Kota Depok, bisa dimanfaatkan warga dari beberapa sisi. Seperti fungsi ekologi yaitu bagaimana kita diwajibkan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari,” ujarnya, usai meresmikan Taman Jatimulya, di Keluarahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucap Mohammad Idris, keberadaan taman juga bisa mendukung program Ketahanan Keluarga. Pasalnya, taman bisa dijadikan sebagai ruang bercengkrama keluarga bagi ayah, ibu dan anak.

“Dalam hal ini, taman juga bisa memberikan fungsi edukasi. Karena di sini bisa jadi tempat cengkrama keluarga termasuk anak-anak. Kedekatan secara psikologis pasti akan terbangun,” ucapnya.

Selain kedua fungsi tersebut, katanya, taman juga memiliki  fungsi ekonomi. Yaitu mendorong peningkatan fasilitas yang ada melalui dana swadaya masyarakat.

 “Fungsi ekonomi ini jangan disalahartikan. Bukan peningkatan ekonomi yang dimaksud, tetapi bagaimana kita bisa menjaga taman ini dengan menyempurnakannya agar tetap indah. Misalnya, pemasangan atap lapangan futsal agar lebih nyaman dengan menggunakan dana swadaya,” jelasnya.

Terakhir, dirinya berpesan agar  taman yang telah dibangun dapat dirawat dengan baik. Perawatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat.

“Penggunaan taman juga harus menggunakan tata tertib. Nanti pihak kecamatan dan kelurahan yang akan mengatur. Jangan sampai taman disalahgunakan untuk kegiatan yang tidak-tidak,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?