Perwakilan Kecamatan dan masyarakat umum mengikuti kegiatan online coaching dalam rangka memperingati Harganas 2020, via zoom meeting, Rabu (01/07/20). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id- Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta masyarakat agar Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni, tidak hanya bersifat seremonial. Namun, dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat peran keluarga.

“Setiap tahunnya kita selalu memperingati Harganas. Peringatan ini bisa juga dijadikan sebagai momentum mempererat ikatan kasih antara suami istri, maupun orang tua dan anak. Jadikanlah sebagai pemicu untuk meningkatkan pemahaman keluarga,” ujarnya, disela kegiatan Free Online Coaching via Zoom oleh Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), Selasa (01/07/20).

Dikatakannya, setiap individu yang telah berkeluarga juga harus memahami delapan fungsi keluarga. Seperti, fungsi keagamaan, fungsi kasih sayang, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi perlindungan, fungsi mewariskan, memupuk dan mengembangkan budaya bangsa serta fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

“Fungsi agama sangat penting. Keluarga yang baik, didasari dari agama yang kuat. Untuk itu keberadaan tokoh agama di masyarakat sangat dipenting, karena iman dan cinta harus dipupuk sejak dini,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, Harganas merupakan puncak dari berbagai upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, untuk mewujudkan program Ketahanan Keluarga.

“Dalam membangun keluarga juga harus terencana. Termasuk merencanakan kelahiran anak, pendidikan, dan berbagai aspek lainnya. Mudah-mudahan kegiatan Harganas bisa menjadi momentum perkuat peran keluarga,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?