Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Ketua Forum Anak Kota Depok periode 2020-2022, Fayyana Ailisha Davianny dan Ketua Forum Anak Kota Depok, Buti Adia Darma usai pelantikan Pengurus Forum Anak Kota Depok periode 2022-2024, di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Jumat (11/02/22). (Foto: JD 01/Diskominfo).

berita.depok.go.id -  Pengurus Forum Anak Kota Depok periode 2022-2024 resmi dilantik oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Menurutnya, organisasi Forum Anak merupakan media untuk Kota Depok dapat meraih bonus demografi pada 2045.

Mohammad Idris menjelaskan, sekitar 70 persen dari total penduduk Kota Depok adalah usia produktif sampai 55 tahun. Lalu, 24 persen atau sekitar 400 ribuan penduduk di antaranya anak-anak usia 10-24 tahun, dan sembilan persen lainnya lanjut usia (lansia).

"Depok akan bisa meraih bonus demografi melalui organisasi Forum Anak, jangan sampai kependudukan yang begitu banyak jumlahnya dengan total pemuda terbanyak malah menjadi sebuah permasalahan," jelasnya saat Pelantikan Pengurus Forum Anak Kota Depok periode 2022-2024, di Aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Jumat (11/02/22).

Mohammad Idris menuturkan, Pemerintah Kota Depok berkolaborasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk memasukkan tema kepemudaan dalam perencanaan pembangunan 2023. Pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak tingkat kelurahan, kecamatan sampai kota diikutsertakan untuk menyampaikan aspirasinya.

Mohammad Idris menyebut, bahwa Forum Anak juga merupakan sarana mitra terdekat Pemkot dalam mewujudkan predikat Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA). Salah satu tugas yang harus dilaksanakan sebagai pengurus Forum Anak adalah pelopor dan pelapor.

"Mereka harus jadi agen pelopor dan pelapor di lingkungan masing-masing, serta memberikan penyuluhan pemahaman tentang peran Forum Anak khususnya di sekolah," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?