Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menjadi khotib salat Jumat, di Masjid At-Taqwa, Jatimulya, Jumat (25/03/22). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, ada tiga hal yang harus dipersiapkan umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadan.  Persiapan-persiapan tersebut dianggap perlu dan bermanfaat, terutama dalam meningkatkan takwa kepada Allah.

Persiapan pertama ialah mental dan spiritual. Menurutnya, dalam menyambut Ramadan umat Islam harus memiliki mental dan spiritual yang baik.  

"Tidak ada rasa benci, tidak ada rasa permusuhan, sudah tidak ada lagi rasa kekesalan dengan sesama, tidak ada lagi keluhan-keluhan terhadap hak-hak Allah SWT yang harus kita jalankan, itu lah persiapan-persiapan mental spiritual," ujar Mohammad Idris, saat menjadi khotib salat Jumat, di Masjid At-Taqwa, Jatimulya, Jumat (25/03/22).

Berikutnya adalah persiapan pikiran. Setiap umat muslim diwajibkan membekali diri dengan ilmu ketika hendak beribadah kepada Allah SWT agar amal ibadah yang dilakukannya sesuai dengan tuntunan Islam.

"Jangan sampai kita sudah puasa 50 tahun tapi ternyata ada hal-hal yang kita lakukan yang bisa membatalkan puasa, atau bisa membatalkan pahala puasa," jelasnya.

Terakhir adalah terkait dengan persiapan fisik yang harus disiapkan umat Islam. Menurutnya, tiga pesan tersebut yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadan.

"Mudah-mudahan Allah SWT memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita, sehingga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik sampai kita mendapatkan fitrah dari Allah SWT pada saaat Idulfitri," tandasnya.  (JD 12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?