Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat membuka kegiatan sosialisasi Pilkada melalui virtual, Rabu (12/08/2020). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mendorong para remaja khususnya pemilih pemula untuk ikut mensukseskan Pikada Kota Depok 2020. Sebab,  besarnya tingkat partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada akan memberi nilai legimitasi yang besar terhadap pemimpin mendatang.

“Oleh karena itu sangat penting jika seluruh komponen memberikan dukungan dan ikut serta dalam seluruh proses rangkaian Pilkada. Terutama anak muda sebagai pemilih muda dan pemula,” jelasnya saat menghadiri  sosialisasi tahapan penyelenggaraan Pilkada secara virtual, Rabu (12/08/20).

Mohammad Idris menilai,  kontribusi masyarakat dalam Pilkada merupakan bagian dari demokrasi. Namun demikian, dukungan dan keikutsertaan masyarakat juga harus berjalan dengan santun, jujur, dan beretika sesuai norma dan nilai kehidupan bangsa.

Mohammad Idris berharap, setelah sosialisasi tersebut, para peserta dapat menyebarluaskan pemahaman tentang kepemiluan kepada masyarakat sekitar. Dengan begitu, pelaksanaan pesta demokrasi pada 9 Desember mendatang dapat terlaksana dengan baik.

“Merupakan tugas kita bersama mewujudkan Pilkada 2020 berlangsung dengan humanis dan arif,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, dengan upaya ini, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini meningkat menjadi 77,5 persen. Sebab, tingkat partisipasi pemilih merupakan salah satu indikator penting terkait kepercayaan masyarakat atas proses demokrasi di Kota Depok.

“Tentunya dapat menjadi Pilkada yang berkesan dan mencerminkan demokrasi yang sehat, santun dan berkualitas, yang penuh dengan segala macam prestasi dan mendatangkan kebaikan bagi masyarakat,” tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?