Pendiri Taman Baca Kedaung, Baldan Fathullah. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Perwakilan Kota Depok berhasil unjuk prestasi dengan meraih juara dua pada Kompetisi Literasi Nasional di tengah pandemi Covid-19. Ajang menulis tersebut digelar oleh Jaringan Sekolah Indonesia (JSI) dan Dompet Duafa dalam rangka memeriahkan Hari Aksara Internasional 2020.

Prestasi yang diukir Kota Depok berkat keberhasilan Baldan Fathullah, warga Sawangan. Dirinya menulis naskah berjudul Kontribusiku untuk Peningkatan Literasi, yang bersaing dengan penulis dari berbagai daerah. Karya tersebut ditulis sebagai bagian dari kreasi, inovasi pada masa pandemi Covid-19.

"Apresiasi yang datang bukan lantaran gerakan ini besar, namun spirit yang ada. Selain juga karena pentingnya literasi bagi kehidupan. Bisa dibayangkan, mana mungkin bisa dikatakan besar, gerakan ini hanya diinisiasi oleh segelintir pemuda dengan fasilitas yang seadanya," tutur Pendiri Taman Baca Kedaung, Baldan Fatulah kepada  berita.depok.go.id, belum lama ini.

Ia mengatakan, gelar tersebut diraihnya, setelah menuliskan naskah berjudul Kontribusiku untuk Peningkatan Literasi yang bersaing dengan penulis dari berbagai daerah. Tulisan dan karya tersebut sebagai bagian dari kreasi, inovasi pada masa pandemi Covid-19.

Dia pun berterima kasih, kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang sudah mengedukasi serta membina dirinya. Atas pembinaan yang dilakukan, ia mampu membuat karya yang baik dan menghasilkan prestasi di level nasional.

"Terima kasih atas dukungan dari Bunda Literasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) dan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok yang telah mengedukasi dan membina kami dalam menjalankan kegiatan," jelasnya.

Di tempat berbeda, Bunda Literasi Kota Depok, Elly Farida mengapresiasi atas kiprah dan terobosan Baldan Fathullah yang selalu mendukung pemerintah, menumbuh kembangkan budaya literasi. Bunda Elly berharap, dengan upaya yang telah dilakukan dapat memotivasi pegiat literasi yang lain.

"Semoga ke depannya terjalin kerja sama yang kuat demi meningkatnya gerakan literasi di Kota Depok," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?