berita.depok.go.id-Kota Depok hari ini sedang mengikuti kegiatan lomba rechecking dan lima lomba Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Salah satu yang diperlombakan yakni program Inspeksi Asam Visual Asetat (IVA) test yang digelar secara virtual di aula UPTD Puskesmas Sukmajaya, Selasa (27/10/20).  

Ketua TP-PKK Kecamatan Sukmajaya, Yulia Oktavia mengatakan, Kota Depok tahun ini diwakili oleh TP-PKK Kelurahan Mekarjaya. Tahun ini pula Kota Depok masuk ke dalam lima besar dalam semua jenis lomba TP-PKK Provinsi Jabar. 

Kelima kategori lomba yang akan diikuti PKK kabupaten dan kota yaitu Tertib administrasi, pola asuh anak remaja (PAAR), upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), dan Inspeksi Asam Visual Asetat. 

“Lomba IVA test ini ada pada Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Kelurahan Mekarjaya. Mereka akan memaparkan capaian target serta inovasi yang dilakukan kepada juri secara virtual. Saya optimis dapat masuk ke tahap selanjutnya yakni tiga besar,” jelas Yulia kepada  berita.depok.go.id  usai kegiatan.

Sementara itu, Ketua Pokja VI Kelurahan Mekarjaya, Walgina menyatakan,  pihaknya optimistis dapat maju ke tahap selanjutnya. Sebab pihaknya telah menampilkan yang terbaik dan inovasi-inovasi yang mendukung suksesnya pelaksaan IVA. 

“Kami membuat banyak media promosi. Pembinaan terus dilakukan juga secara daring di tengah pandemi. Sebanyak 137 perempuan juga telah melakukan IVA test di Keluhan Mekarjaya,” jelasnya.

Dia menambahkan, inovasi lainnya juga sudah berjalan antara lain Gemas Citra Dara atau Gerakan Masyarakat Cinta Rahim dan Payudara. Dalam gerakan tersebut memiliki tujuan agar masyarakat dapat lebih peduli dengan kesehatan, terutama dalam pencegahan kanker rahim dan payudara. 

“Gerakan tersebut beranggotakan semua elemen yang ada di kelurahan. Misalnya karang taruna para RT-RW dan seluruh masyarakat yang ada di Mekarjaya,” tutupnya. (JD 03/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?