Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat memberikan tausiah di SMA-IT Nurrurahman, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kamis (21/04/22). (Foto : Diskominfo).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengajak siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA-IT) Nurrurahman untuk selalu menghargai jasa Raden Ajeng (R.A) Kartini yang telah berjuang untuk kaum perempuan. Pesan ini disampaikan bertepatan dengan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

"Melalui perjuangan yang dilakukan oleh beliau membuat kaum perempuan di Indonesia pada saat ini menjadi maju. Terlihat dari adanya presiden, menteri, wali kota, kepala dinas, camat dan lurah ada yang perempuan," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (21/04/22).

Dirinya mengatakan, adapun jasa R.A Kartini bagi bangsa Indonesia antara lain, mendirikan sekolah untuk perempuan sehingga perempuan yang tidak hanya mereka yang berasal dari golongan bangsawan mendapatkan kesempatan untuk bersekolah. Sebab, pada zaman pemerintahan Belanda dulu tidak semua warga diperbolehkan untuk bersekolah.

Kemudian, R.A Kartini juga menciptakan dan mengembangkan gerakan emansipasi wanita dari tulisan dan pemikiran-pemikirannya. Sehingga perempuan memiliki kedudukan yang sejajar dengan pria dan tidak selalu dianggap rendah.

"Rasa syukur kita mewariskan perjuangan yang sudah dilakukan oleh R.A Kartini  dan jangan lupakan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang tenaga, pikiran dan nyawanya," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?