Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (kanan) bersama Ahmad Dani (kiri) COE Dimsum H. Daji saat podcast Inspirasi Usaha bersama IBH, Jumat (23/09/21). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id- Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono memberikan beberapa tips berbisnis kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terdapat lima hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha. 

"Pertama, kalau mau usaha jangan cengeng, siap dengan jatuh bangun, karena yang namanya kesuksesan enggak lempeng aja, tapi bengkok-bengkok, itu penting banget, mentalitas harus disiapkan," ujar Imam Budi Hartono, dalam podcast Inspirasi Usaha bersama IBH, Kamis (23/09/21). 

Kedua, memiliki mentor. Keberadaan mentor menjadi penting karena akan memberikan bimbingan kepada pelaku usaha baru. 

"Orang jago kungfu aja dia punya mentornya, bahkan punya buku untuk belajar kungfu yang baik.  Apalagi ini UMKM harus punya mentor, kalau enggak punya mentor, bisa masuk ke group UMKM," ungkapnya. 

Ketiga, ilmu berwirausaha yang harus terus diperdalam. Hal ini dapat dilakukan melalui youtube, buku, google, teman sejawat, ataupun media lainnya. 

"Keempat, kita harus sandarkan semuanya kepada Allah SWT," jelasnya. 

Terakhir, ketika seorang pengusaha telah memiliki produk harus mengurus berbagai perizinan dan legalitas. Hal ini dilakukan agar produk UMKM dapat masuk ke pasar yang lebih luas. 

"Seperti sertifikat halal, kalau produk frozen harus ada izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan kalau makanan kering ada izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Itu syarat masuk ke pasar yang lebih luas atau marketplace," tandasnya. (JD12/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?