Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono membuka kegiatan Pekan Kopersi  2021 di Halaman Dekranasda Kota Depok Senin (29/11/2021). (Foto : Tangkapan Layar) 

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (IBH) mengatakan, manajemen pengelolaan koperasi membutuhkan jajaran pengurus yang selalu bertindak profesional dan amanah. Hal tersebut guna menjadikan koperasi semakin maju dan dapat bersaing dengan lembaga lainnya. 

“Profesionalitas harus diterapkan kepada pengurus koperasi. Selain harus bisa mengukur kemampuannya. Juga harus membesarkan organisasi bukan besar karena organisasi,” kata IBH usai membuka kegiatan Pekan Koperasi  2021 di halaman Dekranasda Kota Depok Senin (29/11/21).

IBH menjelaskan, kooperasi bukan milik perorangan namun seluruh anggota. Maka harus amanah, khususnya dalam transparansi keuangan.

“Gunakan kemajuan IT dalam transparansi aset dan keuangan. Ini bagian dari pembangunan infrastruktur. Contoh lah kereta commuter line infrastruktur dibangun baik sehingga sangat tertib tidak ada penumpang yang naik secara sembarangan semua harus menggunakan tiket. Ini adalah contoh pembangunan infrastruktur yang semua dibuat transparan, saya ingin koperasi seperti ini berinovasi,” jelas IBH.

Lebih lanjut, ujar dia, koperasi diharapkan dapat semakin maju dan barokah. Itu ditandai juga dengan berkembangnya koperasi jenis baru yang menghimpun sampah maupun minyak jelantah. 

“Sekarang banyak di tingkat RW membuat koperasi sampah dan jelantah, saya ingin teman-teman koperasi melihat itu. Jadi anggota yang menabung itu bukan uang saja tapi sampah. Jadikan sampah komoditi barokah,” ungkapnya. 

“Dengan ini juga bisa bersinergi untuk mendukung Zero Waste pada tahun 2025 di Kota Depok, sehingga warga bisa memilah sekaligus koperasi menjadi berkembang. yang memilah. Sukses untuk koperasi, barokah ayo  bela dan beli produk UMKM,” tutupnya. (JD 03/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?