Dinsos Kota Depok bersama para TenagaKesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di 11 kecamatan saat Bimtek Siksdroid di Hotel Margo, Rabu (12/02/2020). (Foto: JD 03/Diskominfo)

berita.depok.go.id-  Mulai tahun 2020, pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dilakukan melalui aplikasi Siks Droid yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Untuk itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi unsur Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) yaitu petugas fasilitator, puskesos dan supervisor. 

“Nantinya proses verifikasi dan validasi semua menggunakan aplikasi pada telepon selular TKSK. Mereka di beri user name dan sandi. Selain lebih memudahkan kerja mereka, cara ini juga lebih aman serta data langsung  masuk ke database Dinsos Depok,” ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani  kepada  berita.depok.go.id, usai Bimtek tersebut  di Hotel Margo  Depok, kemarin.

Tri Redjeki menjelaskan, Bimtek ini sebagai komitmen pemerintah dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial. Dengan begitu, ke depan dapat mewujudkan data yang akurat, mutakhir, dan terintegrasi.

“Nantinya kami tinggal melakukan pengecekan kembali pada sistem. Mudah-mudahan dengan sistem ini, dapat meningkatkan ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelengaraan kesejahteraan sosial,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta bimtek, Wiwin Mutoharoh mengungkapkan, aplikasi Siks Droid sangat mempermudah tugasnya. Salah satunya memangkas  waktu  dalam proses pendataan.

“Saya tidak perlu mengisi formulir lagi, kelengkapan syarat tinggal foto saja.  Mudah-mudahan kemudahan ini bisa terus dikembangkan sehingga dapat meminimalisir berbagai kendala yang dihadapi selama ini,” ungkapnya. (JD 03/ED 01/EUD 02) 

YOUR REACTION?