Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana. (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Depok, mengungkapkan penyebab melonjaknya kasus harian Covid-19 beberapa hari terakhir. Pihaknya meyakini penyebab utamanya adalah varian Omicron. 

"Dengan melihat peningkatan kasus yang sangat tinggi dalam waktu yang cepat, ini lebih dari lima kali lipat. Itu sudah bisa dipastikan bahwa memang faktor varian Omicron, penyebab utama kenaikan kasus yang cukup tinggi," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, kepada berita.depok.go.id, Rabu (09/02/22). 

Dari data yang dimiliki, pihaknya memastikan peningkatan kasus positif harian di Kota Depok saat ini sudah melebihi puncak kasus varian Delta pada bulan Juni-Juli 2021 silam. Disebutkannya, kini kasus harian Covid-19 telah menyentuh angka ribuan. 

"Jadi, hasil dari varian Omicron saya kira dengan melihat grafik yang sangat tajam sekali menunjukkan memang varian Omicron. Bayangkan 2 minggu lalu kita 0 sampai 5 kasus, sekarang kita ribuan kenaikan, yang 1.800-an tanggal 4 Februari itu tertinggi selama pandemi," ungkapnya. 

Sementara itu, sambungnya, hingga saat ini Kota Depok hanya mengetahui enam kasus varian Omicron sebagai data awal. Data lengkap terkait kasus varian Omicron ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

"Untuk Omicron data yang diberikan kepada kita itu hanya enam kasus. Cuma untuk data berapa yang terpapar Omicron itu yang dikirim sampelnya ke Kemenkes, hanya Kemenkes yang memiliki data itu," tutupnya. (JD12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?