Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi massal untuk lansia di Kecamatan Cipayung. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus menggencarkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Berdasarkan data capaian vaksinasi Covid-19 per 27 Mei 2021, sebanyak 25.725 lansia sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, sebanyak 22.588 lansia sudah menerima vaksin dosis kedua. Pemberian vaksin dosis pertama dan dosis kedua bagi lansia sudah dilakukan di Kota Depok.

"Terdapat penundaan sebanyak 154 orang pada dosis pertama. Lalu, satu orang pada dosis kedua," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (02/06/21).

Umi melanjutkan, penundaan vaksinasi terjadi jika peserta vaksin mengalami gangguan kesehatan, sehingga tidak memungkinkan diberikan disuntik. Selanjutnya, akan kembali diberikan jika kondisi tubuh peserta sudah memungkinkan menerima vaksin Covid-19.

Dikatakan Umi, untuk memaksimalkan pemberian vaksinasi untuk lansia dilakukan dengan cara jemput bola ke beberapa wilayah dengan capaian rendah. Selain itu juga memberikan informasi secara optimal ke seluruh masyarakat, terutama lansia.

“Vaksinasi massal untuk lansia sering kami lakukan di beberapa kecamatan, dan pelaksanaandi Puskesmas juga terus dilakukan,” tambahnya.

Menurut Umi, untuksasaran vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Kota Depok sebanyak 142.746 orang. Untuk cakupan vaksinasi lansia per 27 Mei 2021, sebanyak 18,02 persen pada dosis pertama dan 15,52 persen pada dosis kedua.

“Vaksinasi bagi lansia akan terus dilakukan hingga mencapai sasaran di Depok sebanyak 142.746 orang,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?