Skrining kesehatan sebelum melakukan Vaksinasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) sudah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap dua. Pada tahap ini, terdapat sebanyak 272 peserta yang menjadi sasaran.

Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih mengatakan, pada tahap dua ini, pihaknya menyasar tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksin. Kemudian, Aparatur Sipil Negara (ASN) kelurahan, tenaga pendidik, dan pedagang pasar.

“Sudah kami lakukan vaksinasi sejak minggu lalu untuk beberapa sasaran,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, Senin (08/03/21).

Dikatakan Nunung, vaksinasi dilaksanakan setiap Selasa dan Rabu pukul 11.00 - 12.00 WIB. Selain itu juga dilakukan pada Jumat dan Sabtu pukul 10.00 - 11.00 WIB dengan sasaran setiap harinya 30 peserta.

"Sebelum vaksinasi, peserta harus mengikuti standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Mereka melakukan pendaftaran dan menjalani skrining kesehatan dengan menjawab 16 pertanyaan," terangnya.

 Kemudian, sambungnya, jika lolos skrining akan disuntik vaksin. Lalu menjalani observasi selama 30 menit guna memonitor kemungkinan terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Peserta yang tidak lolos skrining akan ditunda vaksinasinya sampai keadaannya memenuhi persyaratan divaksin Covid-19,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?