Salah satu petugas kesehatan saat pengambilan Vaksin Covid-19 di gudang farmasi dengan dikawal TNI dan Polri. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Vaksin Covid-19 tahap kedua hari ini mulai didistribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah ditunjuk pemerintah. Sebanyak 50 faskes yang terdiri dari Puskesmas, Rumah Sakit (RS) Swasta, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mendatangi gudang farmasi untuk pengambilan vaksin Covid-19. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Farmasi Kota Depok, Imelda mengatakan, proses distribusi vaksin dikawal ketat oleh unsur TNI-Polri. Pengawalan dilakukan dari gudang farmasi hingga faskes.

"Proses distribusi vaksin sampai dibawa ke faskes dikawal langsung oleh petugas TNI dan kepolisian," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (26/02/21). 

Dikatakan Imelda, dalam proses penjemputan vaksin, petugas kesehatan harus membawa vaccine carrier atau box penyimpanan. Karena, suhu penyimpanan vaksin harus menenuhi syarat yaitu 2-8 derajat celcius. 

"Karena itu wajib membawa vaccine carrier yang dilengkapi dengan cool pack yang sesuai," tambahnya. 

Untuk diketahui, sebanyak 3.340 vial untuk 30.60 dosis vaksin (dosis 1 dan 2), hari ini didistribusikan ke faskes. Nantinya, vaksin tersebut akan diberikan kepada 15.030 sasaran. Terdiri dari pelayan publik seperti wakil rakyat, pejabat negara, atlet, tokoh agama, pedagang pasar, guru, ASN, TNI, Polri dan pelayan publik (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?