Suasana pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Kukusan. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pembangunan non infrastruktur mendominasi usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji. Kukusan tahun ini akan memfokuskan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk pembangunan 2021.

“Untuk di Kukusan ada 20 usulan kegiatan infrastruktur dan 25 usulan non infrastruktur. Warga masih memberi usulan seputar infrastruktur pembangunan saluran air. Ditambah dengan bidang ekonomi maupun pengembangan SDM sesuai dengan arahan bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan sejalan dengan RPJMD,” jelasnya usai menggelar Musrenbang 2020 di Aula Kelurahan Kukusan, Senin (20/01/20).

Dikatakannya, Kelurahan Kukusan telah membagi dua jenis usulan masyarakat. Antara lain Rp 1 miliar untuk infrastruktur dan Rp 1,5 miliar untuk kegiatan non infrastruktur. Sebab, pagu anggaran yang telah disediakan untuk setiap Kelurahan sebesar Rp 2,5 miliar. 

“Kami di Kukusan berupaya agar usulan dapat proporsional. Namun memang kegiatan pembinaan ekonomi akan di utamakan misalnya pembinaan ekonomi di Kampung KB di RW 01 dan 08, pembinaan ekonomi karang taruna serta PKK dan lainnya. Karena pembangunan infrastruktur di Kukusan rata-rata sudah baik, misalnya betonisasi ataupun saluran airnya,” terangnya.

Dirinya menambahan, setiap pembangunan yang ada di Kukusan adalah usulan dari masyarakat. Maka, pihaknya akan mengakomodir kebutuhan masyarakat sesuai skala prioritas.

"Meski tidak 100 persen namun akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”tutupnya. (JD03/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?