Petugas  UPTD Puskesmas Bojongsari saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada calon jemaah haji, beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bojongsari menyediakan pelayanan kesehatan bagi warga calon jemaah haji. Tahun ini, terdapat sebanyak 57 calon jemaah haji yang sudah diperiksa kesehatannya.

"Alhamdulillah, kami sudah selesai melakukan pemeriksaan kepada calon jemaah haji yang akan berangkat tahun in, dan semuanya lolos," ujar Kepala UPTD Bojongsari, Frovira Brilyandini kepada berita.depok.go.id, Jumat (13/05/22). 

Dikatakannya, pemeriksaan yang dilakukan meliputi anamnesa atau pemeriksaan yang dilakukan secara wawancara untuk mendapatkan data dan informasi tentang masalah kesehatan pasien. Kemudian, ada pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk mengambil sampel darah dan urin.

"Lalu ada pemeriksaan rontgen, thorax dan Elektrokardiogram atau EKG untuk mengukur aktivitas jantung," tuturnya.

Lanjutnya, nantinya calon jemaah haji juga akan menerima suntikan vaksin meningitis. Hal ini dilakukan agar mereka mempunyai kekebalan terhadap virus meningitis.

"Negara-negara kawasan Arab dan Timur Tengah merupakan daerah endemis virus meningitis," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?