Logo PT Tirta Asasta Kota Depok. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Perseroan Terbatas (PT) Tirta Asasta Depok Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) terus berupaya melakukan peningkatan layanan. Salah satunya dengan melakukan uprating Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Asasta, Muhammad Olik Abdul Holik mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk memenuhi tingginya  minat masyarakat Depok dalam menggunakan layanan air bersih Tirta Asasta Depok. Saat ini uprating tengah dilakukan pada IPA Legong yang menjadi sumber air untuk pelanggan area Depok Timur dan sekitarnya. Uprating yang dilakukan ini akan menambah kapasitas pengolahan air sebanyak 700 liter per detik Jumlah tersebut nantinya dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan hingga lebih kurang 50.000 pelanggan.

Dijelaskannya, uprating IPA merupakan teknologi untuk melipatgandakan kapasitas produksi air minum di dalam satu operasi IPA lama atau eksisting dalam kondisi kinerja proses pengolahan air kinerja yang tinggi. Uprating sendiri dapat meningkatkan kapasitas produksi 2-3 kali lipat sehingga kinerja proses pengolahan air dapat menghasilkan lebih maksimal meski dalam keterbatasan lahan.

“Saat ini pengembangan IPA Legong masih dalam proses pengerjaan sebelum dioperasikan. Maka terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk memastikan nantinya penambahan kapasitas produksi IPA Legong dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Ini akan selesai pada akhir Mei 2022,”ucapnya kepada berita.depok.go.id Kamis (31/03/21) 

Lebih lanjut,  ujar dia, nantinya total penambahan produksi IPA Legong dari 2 Water Treatment Plant (WTP) pengembangan ini sebesar 700 liter per detik. Dengan begitu, dari semula berkapasitas 620 liter menjadi 1.300 liter per detik. 

Dia berharap ke depan dengan penambahan kapasitas produksi IPA Legong sebesar 700 liter per detik akan dapat mengakomodir kebutuhan air. 

“Di wilayah Depok Timur yakni Kecamatan Cimanggis, Kecamatan Tapos, Kecamatan Sukmajaya dan sebagian Kecamatan Cilodong,” ungkapnya. 

Terakhir,  ungkapnya, selain peningkatan kapasitas produksi, pihaknya juga sedang menyelenggarakan promo gratis biaya pemasangan bagi wilayah yang telah tersedia jaringan pipa Tirta Asasta Depok. PT Tirta Asasta juga memberikan akses pendaftaran yang semakin mudah. 

“Kini, pendaftaran dapat dilakukan melalui registrasi online di www.pdamdepok.co.id atau datang langsung ke kantor pelayanan terdekat dengan membawa persyaratan. Di antaranya, foto copy KTP, Foto copy SPT PBB terbaru, materai 6.000 dan 3.000,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?