Lokasi Taman Kuliner di RW 17 Kelurahan Sukatani. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Kelurahan Sukatani tengah menyiapkan langkah strategis dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya, dengan membuat Taman Kuliner yang disiapkan untuk UMKM memamerkan produk sekaligus berjualan.

Menurut Lurah Sukatani, Cahyanto, Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap penurunan omzet UMKM. Atas dasar tersebut, pihaknya berupaya kembali mendorong peningkatan omzet UMKM dengan membangun Taman Kuliner di RW 17, samping Kelurahan Sukatani.

"Kami bekerja sama dengan dinas terkait, memberikan peluang kepada UMKM, khususnya yang bergerak dibidang kuliner untuk dapat membuka usahanya di Taman Kuliner," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (10/12/20).

Dia menjelaskan, utamanya UMKM yang dapat membuka usahanya di lokasi tersebut yang memiliki KTP Sukatani. Selain itu, kualitas prodak yang ditawarkan juga harus baik.

"Selain memiliki KTP Sukatani, kami menginginkan produk yang ditawarkan baik, layak konsumsi dan layak jual. Artinya makanan harus higienis, sehat dan menarik," jelasnya.

Sebelum dipamerkan di Taman kuliner, ujar Cahyanto, pihaknya akan melakukan pengujian lebih dulu pada produk yang ditawarkan dengan mengundang para pakar. Hal itu dilakukan guna menjaga kualitas produk di Taman Kuliner.

"Kalau makanannya layak, diharapkan pengunjung akan berdatangan. Jadi tidak kecewa. Jangan sampai setelah membeli makanan di Taman Kuliner pengunjung kecewa dan tidak mau membeli di sana lagi," ungkapnya.

Cahyanto menambahkan, selain UMKM, pihaknya juga menyediakan satu tempat untuk Warung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Di sana para kader dapat menjalankan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK sebagai langkah awal dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

"Harapan kami ke depan PKK Sukatani dapat semakin berdaya dengan memiliki pendapatan sendiri," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?