Tenaga Kesehatan Puskesmas Cipas saat melakukan pengambilan spesimen swab test. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) rutin melakukan pengambilan spesimen melalui swab test. Pengambilan spesimen tersebut dimaksud untuk memutus penyebaran Coronavirus atau Covid-19. 

"Swab test terus kami lakukan sebagai upaya dalam menekan kasus Covid-19," kata Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih   berita.depok.go.id, Selasa (29/09/20).

Lebih lanjut, ungkapnya, untuk sasaran pengambilan spesimen swab test sesuai dengan Pedoman  Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 REVISI 5. Adapun pengambilannya diutamakan bagi warga yang melakukan kontak erat dengan pasien konfirmasi aktif. 

Nunung menuturkan, sebelum swab test, pihaknya melakukan pendataan pasien yang membutuhkan pemeriksaan. Selanjutnya, diusulkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk kemudian dijadwalkan pemeriksaan.

"Pemeriksaan akan dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan di Puskesmas," tambahnya. 

Nunung berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Tentu dengan menggunakan masker, tidak berkerumun, dan tetap menjaga jarak diri.

“Tetap utamakan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah,” tutupnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?