Satgas DPUPR Kota Depok turun langsung membersihkan sampah di Kali Baru Kelurahan Jatijajar, Tapos, Sabtu (13/02/21). (Diskominfo)

berita.depok.go.id- Sebanyak dua regu Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dikerahkan membersihkan sampah di Kali Baru Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos. Hal ini dilakukan karena tumpukan sampah sudah mencapai 40 meter dan menyumbat aliran kali.

"Dua regu Satgas yang terdiri dari 20 personel dikerahkan untuk mengangkat sampah di Kali Baru, tepatnya di depan Terminal Jatijajar," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Denny Setiawan, Senin (15/03/21).

Dikatakannya, proses pengangkatan sampah diperkirakan memakan waktu hingga 10 hari ke depan. Pasalnya, pengangkatan dilakukan secara manual tanpa alat berat.

"Kami bersihkan dari hari Sabtu kemarin. Memang tidak bisa langsung tertangani semuanya. Tapi kami terus berupaya melakukan pembersihan sampah setiap harinya," terangnya.

Terakhir, Denny berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Sebab, imbuhnya, kebiasaan ini akan  menimbulkan berbagai dampak  terhadap lingkungan, termasuk banjir.

"Memastikan saluran kali tidak tersumbat memang menjadi tugas kami (DPUPR), tapi kami minta agar masyarakat juga sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Karena jika banjir, mereka juga yang akan terkena imbasnya. Mudah-mudahan perilaku masyarakat bisa berubah," tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)  

YOUR REACTION?