Inpektur pada Irda Depok, Firmanuddin (kiri) saat mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris (kedua dari kiri) dalam penerimaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di ruang D'cor lantai 5, Balai Kota Depok, belum lama ini. (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-9 dinilai hasil kerja keras seluruh Perangkat Daerah (PD) Kota Depok. Tidak terkecuali Inspektorat Daerah (Irda) yang memastikan pengelolaan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) sesuai mekanisme.

"Opini WTP atas LKPD Kota Depok yang kesembilan ini selain karena perbaikan yang terus menerus dalam transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan, juga menggambarkan kinerja pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan seluruh PD Kota Depok semakin baik. Secara standar akuntansi dan prinsip pengawasan dari Badan Pengawas Keuangan (BPK)," kata Inpektur pada Irda Depok, Firmanuddin, di Balai Kota, Jumat (24/07/20).

Firmanuddin mengatakan, terkait WTP ke-9,peran dari Irda adalah memastikan pengelolaan keuangan serta pertanggungjawaban PD dilakukan dengan baik. Yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap implementasi regulasi, kepatuhan terhadap sistem akuntansi dan kualitas sistem pengendalian intern.

"Kita juga memberikan bimbingan teknis dan pembangunan kapasitas bagi para personil yang bertanggungjawab terhadappembuatan LPJ," katanya.

Lebih lanjut, Firman mengatakan, meskipun penilaian dilakukan saat pandemi, namun tidak mengurangi semangat dan pandangan positif dari BPK. Kota Depok sendiri diberikan apresiasi terhadap kecepatan laju mutasi pergerakan dokumen.

"BPK pemeriksaannya dilakukan di kantor secara desk audit, dan pemeriksasaan secara fisik dilakukan secara lebih selektif. Kita komunikasi secara online, kalau dokumen tidak bisa diunggah, kita sampaikan secara fisik," pungkasnya. (JD 07/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?